Tags

, , ,

Suatu hari saya mendapat undangan dari @intanparamitha untuk mengisi Kelas Jurnalisme Warga angkatan 12 @slokainstitute pada hari minggu, 15 April 2012. Saya yang merupakan “warga baru” di komunitas @baliblogger tentu saja sangat bersemangat untuk menyanggupinya. Selain kesempatan untuk berkenalan dengan rekan sesama komunitas, ini kesempatan untuk belajar juga bagi saya untuk sharing soal blog.

20120416-225656.jpg

Sebagai informasi, Kelas Jurnalisme Warga ini merupakan kegiatan berkala yang dilakukan oleh Sloka Institute yang tujuan nya adalah memberikan pengetahuan dasar jurnalistik untuk warga sehingga pada akhirnya warga juga bisa ikut berpartisipasi menuliskan berita (bukan sebagai objek semata)

Yang kemudian menjadi menarik di Kelas Jurnalisme Warga kali ini adalah, untuk pertama kalinya Kelas Jurnalisme Warga dilakukan di luar Denpasar (setau saya- mohon koreksinya) dan kali ini memilih Tabanan sebagai tempat kegiatan

Ketika pertama kali saya datang ke tempat kegiatan di Jl. Cendrawasih no.15 , siang itu, saya tidak menyangka akan menemukan tempat belajar yang (bagi saya) sangat ideal sekali. Nama tempatnya adalah Rumah Belajar AKASA yang dikelola oleh ibu Ni Ketut Sri Ariani Pendit. Suasana nya yang nyaman membuat saya betah berlama-lama di tempat ini.
Disini saya bertemu dengan rekan-rekan dari Sloka Institute @gustulang @intanparamitha @rarasupras yang sudah hadir sedari pagi (malah dari hari sebelumnya) di tempat ini.

Intan bercerita bahwa kegiatannya sudah berlangsung sejak kemarin, dengan pembahasan dasar-dasar jurnalistik yang diasuh oleh mas @antonemus dan Bli Made Adnyana. Sedangkan hari ini jadwalnya liputan ke lapangan di pagi hari, kemudian dilanjutkan dengan menyusun tulisan berita yang kemudian di review oleh mas Anton. Saya sendiri mendapat jatah untuk memberikan materi pengenalan dasar blog setelah itu.

image

image

Saya sendiri kemudian dikenalkan dengan bli Wahya Biantara yang merupakan salah satu penggerak Tabanan Lover yang mensupport kegiatan untuk hari ini (yang ternyata bli Wahya ini merupakan salah satu dosen saya di STIKOM Bali ketika saya masih kuliah dulu heheh). Tabanan Lover sendiri memfasilitasi dengan memasang jalur koneksi internet di rumah belajar AKASA supaya para peserta bisa langsung online dan mencoba praktek membuat blog.

Tabanan Lover yang disingkat TALOV adalah sebuah komunitas online pencinta kota Tabanan. Bertujuan untuk membangung komunikasi yang terputus antar generasi dan membangung kebersamaan dalam membangun kota Tabanan, talov akan menjadi media katalisator untuk merubah pola pikir kita tentang bagaimana sebenarnya anak – anak muda dan generasi tua bekerja sama mengekspresikan kehidupan dunia nyata dan saling berbagi membantu sesama. Detail mengenai kegiatan mereka bisa dilihat di  facebook

Dan yang kemudian hadir adalah om @senggol yang kebetulan sedang berkunjung ke Bali dan mampir di rumah belajar AKASA. Btw, kalo yang tertarik dengan pembahasan review jurnalistik mas Anton kemarin, bisa cek timeline nya om Tri karena beliau juga live tweet hehehe

image

Saya sendiri memulai kelas belajar dasar blog kira-kira jam 3-an, dan mendapati pelajaran pertama saya yaitu jangan terlalu banyak menjelaskan teori di awal, karena akan sedikit yang menyimak (ingatkan saya untuk membenahi ini kedepannya :p).
Pelajaran kedua yang kemudian saya dapatkan ketika mulai praktek untuk registrasi di wordpress adalah…kebanyakan peserta lupa alamat email dan password mereka #tepojidat. Sebagian besar dari mereka bahkan ada yang bilang “saya ga punya email, tapi facebook punya”. Akhirnya dengan penuh kesabaran rekan-rekan dan saya membantu mereka untuk mendapatkan email mereka kembali (atau membuat ulang) untuk bisa terdaftar di wordpress.
Selanjutnya kemudian tidak ada hambatan yang berarti, semua peserta menncoba langsung praktek membuat blog di wordpress serta belajar fungsi-fungsi dasar di wordpress

20120417-000801.jpg

20120417-000931.jpg

Pada akhirnya sebagian contoh hasil karya blog peserta Kelas Jurnalisme Warga bisa dilihat di

Karena keterbatasan waktu akhirnya tidak semua materi blog bisa dijelaskan, namun untuk ukuran pemula saya ancungi jempol kepada para peserta yang benar-benar memiliki niat untuk belajar dan mencoba sesuatu yang baru🙂

Oya, sebagai hasil karya tulisan jurnalisme Kelas Jurnalisme Warga bisa dilihat contohnya di :

Pada akhirnya saya merasa sangat bersyukur bisa berpartisipasi di kegiatan ini dan bertemu dengan rekan-rekan hebat yang melaksanakan kegiatan ini🙂

*foto oleh @antonemus dan @talovtweet

*sumber Sloka.org dan TALOV.org