Tags

, , ,

Rasanya sudah lama sekali saya tidak menulis sesuatu di blog ini, dan sebelum menjadi kebiasaan (halah) maka saya akan coba sharing apa yang saya dapatkan kemarin.

Jumat (9 Desember) kemarin saya kebetulan diundang ke acara launching Microsoft Developer Program (MDP) oleh (tentu saja) Microsoft di Aston Denpasar. MDP ini merupakan program yang di luncurkan oleh Microsoft yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan bisnis lokal, melalui edukasi, akses terhadap solusi teknologi, dan dukungan sumber daya. Selain itu Microsoft juga mengenalkan program cloud service mereka yaitu Office365 dan menjelaskan skema lisensi Microsoft.

20111211-145904.jpg

Pada bagian ini saya akan coba me review lagi dengan sederhana mengenai skema lisensi Microsoft, berkaitan dengan edukasi tentang lisesi produk.

Ada berbagai macam skenario dalam skema lisensi ini, tapi yang paling umum ialah di bagi atas jumlah penggunaan, yaitu
> Penggunaan dibawah 5 user (personal)
> Penggunaan 5-249 user (SMB/Small Bussiness)
> Penggunaan diatas 250 user (Enterprise)

Personal

Full Package Product (FPP)

FPP merupakan satu-satunya product Microsoft dalam bentuk in-the-box yang dijual secara retail (dipajang di toko). Lisensinya biasanya berupa sticker dan barang (CD/DVD) yang disebut End User License Agreement (EULA), yang terdapat di dalam box tersebut.
Keuntungannya, lisensi ini bisa dibeli individual (satuan)
Kelemahannya, Jenis ini hanya bisa diinstall dan diaktivasi pada satu kali saja (kemungkinan untuk install ulang bisa saja, tapi untuk re-aktivasi harus menghubungi CS Microsoft)

Other Equipment Manufacturer (OEM)

Jika anda membeli Laptop/PC branded, terkadang didalamnya sudah termasuk pre-installed Windows (eg. Pengguna netbook beberapa merk Asus, biasanya terinstall windows 7 starter edition) Nah lisensi yang merupakan bawaan pabrikan hardware ini disebut OEM.sama seperti FPP, biasanya lisensi OEM ini berupa sticker yang tertempel di hardware.
Keuntungan, karena bundling dengan hardware, harga lisensi cenderung lebih murah. Bisa diinstall dan diaktivasi beberapa kali di hardware yang sama.
Kelemahannya, hanya bisa diinstall di satu hardware, tidak bisa membeli terpisah.

SMB/Small Bussines

Open License (OLP)

Untuk pengguna lebih dari 5 user, biasanya perusahaan kecil dan menengah, biasanya menggunakan lisensi jenis OLP. Lisensi OLP tidak berbentuk barang (CD/DVd) atau stiker, melainkan selembar kertas sertifikat dan sertifikat ini bisa di cetak ulang jika hilang.
Keuntungan, OLP ini bisa diinstall di hardware mana saja sesuai jumlah lisensi. Bisa di cek dan verifikasi secara online melalui website Microsoft Software Licensing (memudahkam inventarisasi)
Kelemahan, minimal pembelian harus 5 lisensi produk.

Enterprise

Select License for Enterprise

Select License, merupakan jenis lisensi yang diperuntukan untuk user yang lebih dari 250, biasanya merupakan perusahaan besar dan memiliki banyak cabang. Didalamnya biasanya terdapat beberapa benefit lain, seperti akses untuk update versi terbaru dari produk Microsoft secara gratis.
Keuntungannya, Jenis lisensi ini memiliki potongan harga yang besar karena jenis pembeliannya yang juga lumayan besar, selain itu juga update product secara gratis.
Kelemahan, hanya diperuntukan untuk pembelian diatas 250 dan perusahaan besar (Enterprises)

Selain keuntungan diatas, untuk jenis Open License dan Select License biasanya juga memiliki akses ke Microsoft License Software website, yang didalamnya berisi tentang segala informasi tentang lisensi user, termasuk serial number dan installer untuk produk Microsoft (termasuk produk yang sudah tidak dijual lagi – contoh Windows XP).Kemudahan ini akan terasa jika suatu hari user memerlukan untuk downgrade produk Microsoft secara gratis. Sebagai contoh, jika kita memiliki Open License untuk Windows 7 Professional, dan suatu ketika kita ingin menginstall Windows XP Professional karena sesuatu hal, kita tidak perlu lagi mencari/membeli Windows XP, cukup memakai lisensi Windows 7 yang ada.

Sebenarnya masih banyak lagi skenario lisensi yang ada, tapi secara umum yang digunakan adalah yang diatas