Tags

, , , ,

beberapa tahun yang lalu, ketika saya masih bekerja di daerah seminyak, ada suatu jargon yang sering digunakanoleh anak-anak designer di tempat saya bekerja : “jika tidak tahu, tanya paman Google”. jargon ini sangat ampuh berlaku saat itu.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, dan juga semakin “saktinya” agen-agen SEO (atau malah semakin parahnya indexing google) , belakangan hasil pencarian yang didapat malah jauh berbanding terbalik dengan apa yang dicari (eg: saya nyari villa di ubud yang keluar malah list homestay…di kintamani). Anyway, sekarang musti sedikit “berjuang” untuk bisa mendapatkan yang benar-benar dicari. Perlu 2-3 kali perubahan “keyword” untuk mendapatkan apa yang kita maksud.

Belakangan saya juga sering menemukan banyak berita “ngaco” yang berasal dari situs-situs “prank/parodi” berita luar negeri , dianggap sebagai berita serius bahkan di publish sebagai top story di media online indonesia.

Kenapa saya tau?saya sendiri termasuk orang yang sering browsing ke situs-situs lelucon hanya untuk menemukan “fresh joke” (well, kalau anda bergerak di bidang hospitality dan sering berinteraksi dengan tamu luar negeri, ini sangat-sangat membantu untuk mencairkan suasana). Dan ketika saya membaca di media online indonesia, pranks tersebut malah dianggap serius (dsini jadi hoax ga jelas). Berikut beberapa situs pranks yang saya kunjungi:

– The Onion (http://www.theonion.com)
Situs berita komedi ini benar-benar “niat” dalam penyajian berita nya, mulai dari streaming video dan menggunakan source yang asli (tentu saja dengan “modifikasi” hehehe). Bahkan mereka benar-benar mencetak versi koran nya dan mendistribusikan di beberapa kota besar di US

– The Spoofs (http://www.thespoof.com)
Salah satu pioneer dalam situs berita komedi, dengan tagline “one of the leading satire newspapers on the Internet,” The Spoofs menjangkau , tidak hanya di US, tapi global worldwide. Salah satu keunikan dari situs ini ialah , mereka menerima input artikel dari pembaca dan kemudian menyajikan dengan serius (tapi tetap, anda tidak bisa mempercayainya- lagipula ini situs parody)

list rekomendasi nya bisa dilihat di sini: http://www.makeuseof.com/tag/faux-news-alert-best-websites-for-fake-news-satire/

mengenai beritanya, saya tidak bisa menceritakan satu persatu, tapi berikut beberapa yang beredar di media lokal dan “serius” ditanggapi ( source: http://archive.kaskus.us/thread/5937141)

1. Mayat Michael Jackson
Pada tanggal 16 Maret 2005, The Onion menurunkan berita kalau pihak kepolisian yang meneliti Ranch neverland milik Michael Jackson menemukan sebuah mayat yang setelah diidentifikasi ternyata merupakan mayat Michael Jackson. Menurut berita itu, mayat tersebut telah meninggal sekitar 18 atau 20 tahun yang lalu, yang artinya Michael Jakcson yang saat itu masih hidup adalah seorang penipu yang sedang menyamar!

2.Neil Armstrong dan konspirasi pendaratan bulan
Pada September 2009, dua koran Bangladesh, The Daily Manab Zamin dan The New Nation memuat berita mengenai Neil Armstrong. Kedua media tersebut mencantumkan the onion sebagai sumber. Dalam berita tersebut dikatakan kalau Neil Armstrong telah mengadakan konferensi pers untuk memberikan pengakuan kalau pendaratan di bulan adalah palsu dan merupakan hasil rekayasa terencana. Setelah menyadari kalau berita itu adalah berita parodi, kedua media tersebut kemudian meminta maaf kepada pembacanya karena tidak memeriksa kebenaran berita tersebut sebelumnya.

3.Justin Bieber dan Paedophilia
Berita terakhir dari The Onion yang cukup membuat heboh adalah mengenai Justin Bieber. The Onion menurunkan berita kalau Justin Bieber, idola para remaja yang baru berusia 16 tahun, sesungguhnya adalah seorang paedophilia berusia 51 tahun yang sedang menyamar.
Kisah ini tentu saja sangat lucu, aneh dan tidak dapat dipercaya. Tetapi banyak yang mempercayai kisah ini dan saya menerima banyak permintaan untuk menyelidiki hal ini. Sekarang kalian pun mengetahui kalau kisah ini hanyalah sebuah hoax.

4.Andrew Carlssin – Time Traveler dari tahun 2256
Pada tanggal 16 April 2009, saya menulis mengenai Andrew Carlssin, seorang pria yang mengaku berasal dari tahun 2256. Sebelum saya menulis mengenai Carlssin, saya masuk ke google.co.id dan mengetik nama “Andrew Carlssin”. Tidak ada satupun hasil pencarian dari Indonesia yang muncul. Jadi, saya tahu kalau tidak ada satupun blogger Indonesia yang pernah menulis mengenai pria ini. Lalu, saya menulis dan mempostingnya pada tanggal 16 April 2009.

2 hari kemudian, tulisan itu masuk menjadi 10 besar berita top di lintasberita.com. Satu minggu setelah itu, saya kembali masuk ke google.co.id dan mengetik nama itu kembali. Kali ini, saya menemukan lebih dari 20 blog yang berisi kisah mengenai Carlssin. Tulisan itu telah dikopas dimana-mana!
Sekarang, jumlah itu lebih banyak lagi dan yang membuat saya menjadi tidak enak hati adalah banyak yang menganggap kisah itu sebagai kebenaran!
Pada saat itu, saya menulis mengenai Carlssin karena berita itu dimuat di yahoo news. Tetapi masalahnya, yahoo news ternyata mengutipnya dari Weekly World News (WWN).

Selain melalui situs-situs berita, media penyebaran hoax/pranks yang paling diminati sekarang ialah melalui broadcast message di BBM. Sejak pin BBm saya tersebar diantara komunitas abg (dont asked how come? hehehehe) hampir setiap hari saya menerima broadcast yang sifatnya “hoax”. Dari 5 BBM yang masuk, 4 sudah dipastikan hoax (dan 1 jokes of the day) , sehingga kesan nya malah BBm ini jadi sangat mengganggu sekali (repot musti klik “end chat”)

Sekarang tinggal pintar-pintarnya pembaca saja untuk tidak mentah-mentah menerima segala informasi yang masuk dari internet. Ribet memang, tapi apakah anda bisa mempercayainya?