Tags

, ,

Ok saya akui, walaupun pekerjaan saya yang berkaitan dengan dunia IT, namun soal application di smartphone/gadget saya termasuk salah satu yang kuper.

Seperti kemarin, ketika sedang beristirahat setelah melakukan aktivitas yang membuat badan saya sudah remuk karena “olahraga dadakan” antar departement di tempat saya bekerja (panjang banget – tapi begitulah, masi perlu pijet sekarang :p), iseng-iseng saya utak-atik bb rekan saya, dan menemukan aplikasi 4shared. Iseng saya bertanya “ini buat apaan?” . Tentu saja jawaban awal yang saya terima “IT apaan neh, aplikasi ginian gatau” (typical, harusnya pada saat itu saya jawab “IT yang cakep :p” ), kemudian saya dijelaskan aplikasi ini untuk upload dan download file dari salah satu situs peer2peer/file storage lokal 4shared.com. Dntentu saja ini dimanfaatkan oleh teman saya untuk download mp3 kesukaan nya langsung ke BB.

Kemudian iseng-iseng saya coba download, karena file installernya yang dibawah 1MB dan rasanya tidak membuat berat BB.

User interfacenya di BB 9700 saya sangat simple, hanya ada 3 tab (upload, favorites, dan search). Selain itu ketika kita klik bb button di keypad , tambahan menu yang ada hanya login/logoff, upload file, dan about 4shared.

Syarat memakai aplikasi ini ada 2, yaitu anda harus mempunyai account 4shared (sign up free) dan paket BIS unlimited (mengingat charge untuk download/upload file).

Di tab upload, biasanya ialah tempat kita men upload file yang hendak kita bagi ke situs 4shared. File ini harus sebelumnya disimpan di memory card BB. Ketika saya coba upload file mp3 yang berukuran 2mb, dibutuhkan waktu kira-kira 5 menit. Ini lumayan cepat, mengingat saya hanya mengaktifkan fitur edge/gprs di bb saya (walaupun bb saya mendukung 3G – ini untuk menghemat battery)

Di tab search adalah tempat kita mencari segala macam file yang dibagi di situs 4shared. Tinggal ketik saja keyword yang anda cari dan dalam beberapa detik akan muncul beberapa list rekomendasi dari 4shared. Untuk mengunduhnya anda tinggal klik file di list dan otomatis akan terunduh. Ketika saya mencoba untuk unduh file mp3 berukuran 3.2mb , diperlukan waktu sekitar 5menit. Masih terhitung cepat.

Di tab favorites adalah tempat dimana file yang sudah and unduh disimpan. Selain itu jika file tersebut berbentuk lagu atau video, bisa diakses juga melalui aplikasi Media di bb.

Jika kita melihat struktur file yang tersimpan, aplikasi 4shared ini membuat satu folder khusus di memory card bb dengan nama “4shared” dan file yang terunduh biasanya tersimpan di bawah folder favorites.

So far saya sudah mengunduh beberapa file lagu dan masih takjub dengan kecepatan downloadnya. Saya merekomendasikan aplikasi ini untuk dicoba