Tags

, , , , , ,

Berapa kali anda pernah mengalami kesulitan untuk sync phonebook untuk beberapa hape yg beda? Well sya pernah mengalaminya. Agak ribet memang kalau pindah dari satu hape ke hape lain, dimana contact kita sebagian besar di phone bukan simcard.

Pilihan nya bisa backup contact melalui software bawaan hape itu atau sync online. Untuk pilihan pertama tentunya anda memerlukan pc/laptop sebagai media transfer. Belum lagi jika beberapa brand hape yang beda, anda harus manual export dan import lagi. Cara ini tentu jg tidak real time karena dilakukan manual.

Pilihan kedua, online sync. Ini bisa dilakukan antara 2 perangkat hape langsung tanpa memakai laptop, dan hasilnya jg real time. Syaratnya? Kedua hape ini harus terkoneksi dg jaringan data/internet, terinstall google sync dan memiliki akun Gmail.

Pertama kita harus download dan install dulu softwarenya melalui http://www.google.com/mobile/sync/ .perlu diingat , sementara Google Sync hanya bisa di install di Symbian60 OS, iPhone, windows mobile, blackberry dan Android based phone.

kemudian setelah terinstall, anda akan dimintai credential akun Gmail. Masukan data akun email anda lalu setting apa saja yang mau anda sync. Pilihan nya ada phone book dan calendar.

Setelah itu anda akan di minta untuk men set seberapa sering contact anda akan di sync. Saya sendiri memilih sehari sekali, untuk menghemat batt. Setelah itu anda tinggal menjalankan sync nya dan semua contact anda akan di backup di akun gmail

Hal yg sama kemudian bisa anda lakukan di hape yang baru dan otomatis semua contact anda akan tercopy ke hape yang baru

Dibawah ini beberapa keterbatasan nya
– hanya mendukung beberapa hape dengan system operasi terbaru
– anda harus terkoneksi dengan internet setiap sync
– di OSx product , settingan agak sedikit lebih panjang karena melalui exchange mail setup
– masih terdapat beberapa bug antra lain kadang anda tidak bisa men delete contact (akan muncul kembali di phonebook) di hape , kecuali anda delete melalui gmail contact